Dari bawah menuju ke Nexus: Part 1 (Kisah seorang support)

Halo, guys! Pertama-tama yang pasti kalian harus kenal dulu sama gue. Nama asli gue adalah Muhammad Zaki Sybli. Seorang mahasiswa jurusan bahasa inggris di salah satu perguruan tinggi swasta di bandung. Gue juga merupakan seorang pemain salah satu game online tipe MOBA yang cukup terkenal yaitu League of Legends. Di game ini gue menyandang summoner's name "Idioticman".

Mungkin ada yang penasaran kenapa namanya kok Idioticman? Itu gue pilih karena dulu pas awal maen gue mikir kemungkinan besar performa gue bakal cupu banget, kan. Jadi sering diledek idiot gitu sama temen satu tim karena jadi beban mungkin ya (gue pernah lulu-kennen top pas pertama kali maen normal bareng temen gue. lol). Nah dengan nama ini mudah-mudahan gue akan selalu inget pada masa gue masih sering di-idiotin, biar gue juga gak jadi tukang ngatain orang kalau ada yang performanya kurang bagus. 

Lulu, the fae sorceress
Masuk ke cerita inti tentang perjuangan gue sebagai support main atau orang yang cenderung bermain sebagai peran support, dulu awalnya juga masih coba-coba mau pake champion mana, di lane mana, sebagai apa. Terus pas masih dalam fase pencarian jati diri (udah kayak apa aja. hehe) iseng-iseng lah make Lulu, the fae sorceress. Waktu itu kebetulan menang dan disitu gue menyadari satu hal. "Kok enak ya jadi support? Tinggal diem di belakang bantu-bantu tim doang gausah ribet nyerang ini itu". Dari situ lah gue mencoba explore lebih lanjut tentang support. Baca-baca guide di internet, sharing sama pemain-pemain lain di facebook, nonton vidio di youtube, dan pastinya belajar langsung dari setiap pertandingan yang gue jalanin.

Setelah Lulu, champion selanjutnya yang gue pelajari adalah Soraka, the starchild. Gue tertarik dengan kit-nya yang bener-bener mengharuskan gue untuk memperhatikan kondisi teman satu tim gue. Dan lagi, tetep maen di belakang sambil bantu-bantu dan gak usah ribet nyerang ini itu. Kemudian gue mulai meng-explore champion support lainnya, dan sampai di titik di mana gue cukup percaya diri mengatakan pada dunia bahwa gue adalah support player (agak lebay ya. biarin lah :p).

Soraka, the starchild

Mengenai nasib seorang support, ini juga patut untuk dijabarkan agar para pemain-pemain non-support di luar sana mengerti gimana rasanya jadi support. Pertama, gue cuma bisa menang kalau tim gue maennya bener. Terutama di early game. "tapi kan semua role juga emang gitu coy!" iya emang semuanya gitu. Tapi dari semuanya itu, yang paling tidak berdaya di situasi team gak bener itu ya support. Top laner kalau kalah di early game bisa gank ke midlane atau botlane. Mid laner juga sama. Jungler juga sama. Sedangkan support dituntut untuk setia menemani rekan ADC-nya selama laning phase berlangsung. Dan sebagus apapun performa seorang support, kalau timnya gak bener, bete coy maennya. Dan kemungkinan seorang support untuk bisa solo carry itu.. ya katakanlah.. wkwkwk% (kok wkwkwk%?) ya karena kondisi itu hampir menyerupai sebuah lelucon, alias hampir mustahil. Bisa sih, kalau pake support yang tipikal mage misalnya. Tapi kan gak setiap kesempatan gue maen make mage support.

Kedua, support itu jarang dianggap. Tadinya gue mau ngomong "gak dianggap" tapi kadang ada juga sih yang masih nganggap. Maksudnya "jarang dianggap" disini apa sih? Contoh, ADC nge-kill 30, yang laen nge-chat "anjir jago lu", "gile hebat bener bro", "mantap soul!", dll. Top laner nge-solo carry, tim musuh nge-chat "anjir top gue blo*on. kalah mulu", "top nya anjir rese abis", "ah lu kalau gak ada top laner mah udah rata semua sama gue". Dan saat support nge-assist 40? NOBODY GIVES A SHIT SHEEP! D: (ga nobody banget sih. kadang ada juga yang apresiasi).

Walaupun gue masih pengen ngebahas poin ketiga tentang tuntutan team terhadap support, tapi kayaknya mending lain kali aja soalnya post ini udah lumayan panjang. Kalau lebih panjang lagi takutnya ada penerbit yang nawarin gue bikin buku. Gue belum siap, hehe.

Anyway, bermain sebagai support juga ada keseruannya sendiri. Ada kepuasan tersendiri juga ketika gue "melayani" tim gue dengan baik. Juga ada kebanggaan tersendiri atas pengabdian gue dengan jerih payah demi kepentingan tim. Dan juga gue belajar untuk peduli dengan keadaan sekitar, kondisi teman-teman terdekat, dan juga tempat-tempat yang gelap (berasa pengen masang lampu neon. kebiasaan warding, yakan~ :p )

Terimakasih banyak buat yang udah mau baca (kalau ada sih itu juga). Postingan ini mungkin banyak kekurangannnnya karena emang ini postingan pertama gue toh. Mohon kritik dan sarannya jika berkenan~



"place a ward, save a life~!!"



Comments

  1. Ah kak.. IMHO sedikit saran supaya judulnya di sesuaikan dengan konteks bacaan aja kak.. soalnya yang saya perhatikan judul dengan bacaannya kurang masuk.. tapi secara isi, suka sih sama bacaannya.. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke kak. Terimakasih banyak atas masukannya. Saya akan coba cari judul yang lebih cocok hahaha

      Delete
  2. wp lanjutin walaupun ya player low elo - mid elo ngomongnya masi ada yg kasar

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih atas kunjungannya. syukur sih sekarang udah jarang ketemu yang kayak gitu :D

      Delete
  3. Rapihin aja zak tulisannya wkwkwk.. masih agak amburadul :3 sory nih agak pedes. bener kata abang2 di atas judul menggambarkan crita zak, dari judul gw ngarep lu nyeritain sulitnya jadi SP trus tantangannya Anggapan orang tentang SP, tapi yg gw harepin munculnya dikit wkwkwk. gpp lah, lanjutkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tadinya juga gue mau gitu. cuma akhirnya malah kebawa suasana nyeritain sejarah gue hehehe

      Delete
  4. Terbaikks, tapi saran gw tambah lagi ceritanya, gw tau pasti masih ada hal yg menarik belum lu ungkapin, sejauh ini well done

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sekarang mah gue cuman sekedar memenuhi tugas kuliah aja. Kalau kedepannya sih gimana nanti. Kapan-kapan deh gue bakal post lagi cerita lain. Makasih saran dan kunjungannya~

      Delete

Post a Comment