Dari bawah menuju ke Nexus: Part 2 (Tuntutan terhadap support)


Halo, coy! Gue Zaki a.k.a. Idioticman bakal ngelanjutin postingan gue yang sebelumnya. Buat yang belum baca, silahkan klik di sini. 
Buat yang udah baca mungkin tau tentang perihal yang gak sempet gue bahas di postingan sebelumnya. Nah disini gue akan bahas itu. Yang mana perihal tersebut adalah tentang tuntutan team terhadap support.
Let's Go!
"Woi support gblk! Bukannya maju malah mundur",
"Support! wtf! peel adc lah! sialan lu",
"Anjir dasar support KS! mending afk aja gue",
"Woi sp mana ward nya? gelap nih! Ngapain aja sih lu?",
"eh sp ngapain lu ngambil creep gue? mau jadi carry lu?"

Ada yang pernah menerima wejangan-wejangan menyakitkan seperti itu? :D
ADA!!!! GUE!!!!! :(
Ya gimana ya... Itu emang tuntutan terhadap support sih. Walaupun bentuknya cacian gitu, sebenernya "wejangan" itu emang ada benernya juga. Nah buat yang baru mengenal dunia support atau tertarik untuk mencoba untuk menjadi support atau mungkin kalian yang kebetulan pas champion pick mau ngambil mid tapi keduluan orang lain dan yang tersisa hanya support (pernah kan? ya kan? ya kaan??) JANGAN DODGE! D:

Disini gue mau ngajakin kalian untuk bersama-sama mengkaji tuntutan-tuntutan tersebut agar kalian gak salah paham atau justru gak tau harus ngapain pas dapet role support. Tapi ini cuma berdasarkan pengalaman doang ya. Gak ada gurunya gue :(

Cus mulai! Kita bahas dari belakang ya.

1. Support Don't Creep!
"Lah pelit amat adcnya!" Eh jangan salah. ADC tanggung jawabnya gede juga buat teamfight. Role ADC itu dikhususkan untuk jadi tombak damage fisik dari tim. Maka dari itu dia butuh duit sebanyak-banyaknya. Dan selagi masih di laning phase, sumber utamanya ya dari creep score. Dan ada juga yang namanya wave control. Apakah minion wave harus dipush atau difreeze atau ternyata harus mundur. Itu ada triknya dan itu harus dilakukan dengan manajemen minion wave yang baik dan kecuali lu sebagai support tau niatan si ADC tentang minion wave, jangan hit minion. Biar ADC gampang ngatur wave.


2. Place a Ward, Save a Life!
"Ngapain beli SS? Mending beli item lain yang lebih berguna" Nah ini. Kadang suka liat di grup facebook hahaha. Mungkin ada kalanya di satu pertandingan seorang support gak beli SS tapi tetep menang. Tapi yakin di match lain hasilnya bakal sama? Vision control itu penting loh. Pernah kan ketemu kejadian temen diculik pas lagi roaming? Atau pas lagi split push? Nah kalau vision control kita bagus, hal-hal semacam itu bisa dihindari, guys! Emang hasil dari kegunaan SS atau ward itu gak instan kayak redemption atau gak bikin damage jadi gede kayak luden's echo. Karena kegunaan SS emang gak gitu. SS atau ward itu mendukung terciptanya pergerakan dan strategi yang lebih bagus. Toh League of Legends kan isinya gak cuma war. Ini game MOBA, bukan Stre*et Fighter ;)

3."Let me kill!" - ADC
Wahai engkau kaum support yang doyannya Kill Steal. Ngapain juga coba!!?? Gold? Support mah gak butuh duit sebanyak ADC. Item support murah kok. Dan walaupun lu support tipe mage yang mungkin emang butuh item AP buat di late game karena alasan tertentu, tetep usahakan memberi kill kepada role lain di awal. Ada juga yang alasannya just for fun. Ya emang gue ga bisa ngelarang orang lain untuk bersenang-senang, toh. Gue hanya titip pesan, ketahuilah resikonya.  Tapi ada juga kalanya lu boleh ngekill. Kapan? Saat lu tau cuma lu yang bisa dan lu yakin gak bakal mati karenanya. Topik ini agak sensitif ya, hahaha. Gue cuma share opini kok. Gak masalah kalau gak setuju. Next!

4. It's Us Against The World
Judulnya keren, ya? Maksudnya apa nih? Poin yang ke-4 ini adalah tentang nge-peel ADC. Apa itu "peel"? Singkatnya gini. Lu punya cincin batu bacan. Mau ikut kontes kecantikan batu. Lu poles itu batu, lu rawat itu batu, dijaga jangan sampe jatoh atau retak. Biar keluar potensi maksimal kecantikan si batu itu di kontes nanti. Intinya, support dan ADC itu ditakdirkan bersama. Dan udah tugasnya seorang support untuk membantu si ADC untuk mengeluarkan potensi maksimalnya. Simple kan? Jangan sampe lupa tapi.

5.When to go spartan
Ini mah tips tambahan aja sih. Sebagai seorang support kan kadang emang harus kita yang engage ya, kan? Nah yang penting untuk diketahui adalah kapan harus engage. Maka dari itu, sebelum kita memutuskan untuk engage coba pertimbangkan dulu beberapa hal. Diantaranya: 
-Jarak antara lu dan ADC
Gak mau kan, kita udah spam ini itu segala macem, eh gataunya ADC jauh. Malah kita yang keburu mati sebelum ADC bisa nyerang musuh.
-Posisi jungle musuh
Ini juga penting karena kalau lagi cek-cok sama duo musuh, pasti gak mau dong ada jungle musuh yang ngerusuh dan ngebalikin keadaan? Maka dari itu, setidaknya usahakan lah kalau mau engage, bush di river dan bush ke arah red buff dalam kondisi terang.
-Posisi support musuh
Terkadang, support itu juga roaming ke mid kalau di bawah dirasa cukup aman bagi ADC untuk farming sendirian. Nah begitu kita yakin support musuh lagi pergi atau emang udah jelas keliatan di mid lane, disitu kita akan dapat keuntungan jumlah kalau emang mau engage ke ADC musuh.

Oke demikian lah pembahasan tentang tuntutan terhadap support dari gue. Dan setelah ngebahas 5 hal itu, mata gue pun mulai capek, punggung pegal, perut lapar, dan tangan keriting.
Jadi untuk postingan kali ini gue sudahi sampai disini. Gue bikin postingan ini dengan harapan agar orang lain lebih mudah memahami role support dan juga untuk membantu melestarikan role yang kalah peminatnya dibandingkan role lain ini :( 

Apabila ada kekurangan maka kritik dan saran kalian akan sangat gue hargai. Sekali lagi gue ingatkan ini semua hanya berdasarkan pengalaman gue yang belum seberapa dan juga pengamatan gue yang ala kadarnya. Terimakasih atas waktunya dan sampai jumpa di postingan lain~

#LestarikanSupport :)

Comments