DewaSalah

Dulu aku pernah dibekali tiga hal yang katanya harus diterapkan agar aku tumbuh menjadi orang dewasa.

1.       Kamu harus memperjuangkan apa yang kamu inginkan.
2.       Kamu harus berani jika merasa kamu benar.
3.       Kamu harus punya pendirian yang kuat agar tidak mudah dihasut.

Lalu aku pun perlahan beranjak dewasa dan menerapkan ketiga hal tersebut dengan salah.

1.        Aku harus memperjuangkan apa yang aku mau. Pokoknya aku harus dapat itu.
2.     Aku ini benar loh! Kamu itu yang salah jadi harusnya tahu diri.
3.    Aku punya pendirianku sendiri. Aku punya aturan mainku sendiri. Masa bodoh dengan apa yang kamu pikirkan.

Lama kelamaan, mulai terdengar teguran dari teman-temanku yang menentang ketiga hal itu.

1.  Kamu egois! Kamu pikir dunia ini selalu tentang kamu? Tidak selamanya takdir melayani kemauanmu. Belajarlah untuk menahan ego dan ikhlas.
2.    Kamu angkuh! Walaupun mungkin kamu benar, tidak perlu juga kan menginjak orang lain yang salah? Memang kamu tidak pernah salah?
3.   Kamu keras kepala! Memang bagus kalau kamu punya pendirian. Tapi setidaknya dengar juga pendapat orang lain agar kamu bisa melihat suatu hal dari berbagai sudut pandang.

Aku kaget mendengar semua itu. Bukannya aku sudah menerapkan tiga bekal yang diberi padaku dengan benar? Atau mungkin memang tidak sesederhana itu? Mungkin memang aku tidak pandai menelan sesuatu mentah-mentah. Kalau begitu, kira-kira kalau aku ubah tiga hal tadi menjadi seperti ini, benar enggak ya?

1.  Kamu harus memperjuangkan apa yang kamu inginkan. Jangan menyerah dalam berusaha mendapatkannya. Tapi, kamu harus tahu kapan waktunya mengalah dan mengikhlaskan.
2.     Kamu harus berani jika merasa kamu benar. Jangan gentar menghadapi sesuatu yang salah. Tapi, jangan anti terhadap kesalahan. Manusia memang kadang belajar dengan melakukan kesalahan.
3.      Kamu harus punya pendirian yang kuat agar tidak mudah dihasut. Karena pendirianmu yang akan menjadi kompas kebajikan dalam dirimu. Tapi, jangan pernah menolak untuk melihat dari sudut pandang lain. Siapa tahu ada sesuatu yang bisa kamu pelajari agar pendirianmu lebih mantap lagi.

Maaf ya, teman-teman. Aku pernah egois, membenci kalian karena kesalahan, dan menolak pendapat kalian mentah-mentah. Sekarang aku sudah mengerti bagaimana cara menerapkan tiga hal tersebut dengan benar. Semoga dengan ini aku bisa menjadi dewasa seutuhnya. Terima kasih atas tegurannya.

#30DWC #30DWCJilid21 #Day2

Comments