Kalau aku bisa menjelajah ke masa lalu

Kalau bisa menjelajah ke masa lalu, aku tidak ingin mengubah apa pun. Hanya sekadar mengulangi kembali peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi di hidupku. Hanya sebatas merasakan kembali perasaan-perasaan yang beraneka ragam untuk pertama kalinya. Memang hidupku banyak yang terbuang sia-sia. Aku bukan anak cemerlang yang selalu berprestasi di berbagai bidang. Aku kecil tidak memiliki begitu banyak pencapaian hebat, walau ada beberapa yang kecil-kecil. Kalau bisa menjelajah ke masa lalu, aku ingin hidupku terjadi sekali lagi, agar aku ingat dari mana aku berasal.

Kadang aku merasa bahwa semakin aku dewasa, hidup semakin memaksa agar sisi anak kecilku menghilang. Padahal jika boleh memilih, aku ingin mempertahankan beberapa sifatku dulu. Seperti tidak terlalu memikirkan isi kepala orang lain misalnya. Aku dulu sangat bodoh dalam hal menyadari esensi keberadaan orang lain. Tapi itu juga yang membuatku menjadi percaya diri. Kini, keberadaan orang lain terasa lebih besar dari keberadaanku sendiri.

Aku kecil sangat ekspresif dan terbuka dengan orang-orang. Sifat yang kini seolah sangat asing bagiku, kecuali di dunia maya. Aku mampu berbicara dengan orang asing ataupun mengajukan opiniku pada siapa saja. Namun keterbukaan hampir menjerumuskanku pada jebakan licik para penipu. Perlahan, keberadaan diriku yang terbuka menghilang. Kini aku tidak begitu percaya orang asing. Mungkin aku hanya tidak ingin percaya, karena tidak ingin terjerumus lagi. Memang baik, namun juga disayangkan.

Aku ingin merasakan lagi semangat seorang bocah yang antusias melihat dunia luar. Dulu, perjalanan jauh adalah hal yang menyenangkan bagiku. Sekarang, dunia luar terasa terlalu luas bagiku yang seolah kerdil. Melangkah yang meskipun dengan arah terasa menyebalkan karena hal itu sama saja dengan membuang waktu di jalan dengan mengeluarkan tenaga lebih. Apa bedanya dengan di kamarku? Padahal belum banyak tempat yang kudatangi, tetapi entah kenapa, seolah aku ingin beristirahat padahal belum berangkat.

Kalau aku bisa menjelajah ke masa lalu, aku ingin mengambil kembali semua itu, tanpa kehilangan lagi diriku yang sekarang.

#30DWC #30DWCJilid21 #Day10

Comments