Konon katanya

Konon katanya, manusia itu takut pada hal yang mereka tidak tahu. Seperti halnya hantu. Entah bagaimana asal mula hantu. Kenapa hantu bisa ada? Apa tujuan keberadaan hantu? Manusia tidak tahu akan hal itu, makanya manusia takut. Masih banyak hal lain yang manusia takutkan karena tidak tahu. Contoh lain yang akan kita bicarakan kali ini adalah masa depan. Salah satu hal yang sepertinya cukup sering membawa ketakutan pada orang-orang.

“Aku enggak tahu mau jadi apa. Lalu bagaimana dengan masa depanku? Aku takut tidak bisa menjadi apa pun.” Kalimat tersebut sering kita dengar walaupun dengan variasi yang berbeda-beda. Walaupun memang wajar jika masa depan menjadi hal yang menakutkan. Karena masa depan adalah hal yang benar-benar tidak bisa diketahui. Jangankan bertahun-tahun ke depan, masa depan dalam jangka waktu dekat pun tidak kalah piawai dalam membuat manusia ciut. Seperti misalnya hasil ujian, hasil wawancara kerja, dan hasil-hasil lainnya. Menurutku, ketakutan akan hasil memang agak ngeri. Tapi ada bagusnya juga karena setidaknya ada usaha yang dikeluarkan demi mencapai hasil tersebut. Yang menurutku menjadi ketakutan yang cukup sering merusak adalah ketakutan untuk mencoba.

“Aku takut kalau aku melakukan ini nanti akan terjadi itu.” Kalimat yang semacam ini sepertinya adalah wujud rasa takut yang fatal. Tidak ada wejangan yang mampu menanggulangi rasa takut semacam itu. Sialnya pula, tidak ada pengetahuan yang bisa menyelamatkan kita dari rasa tidak tahu yang satu ini. Satu-satunya cara untuk menghilangkan rasa takut yang ini adalah dengan melakukan hal yang persis ditakutkan. Yaitu mencoba. Mencoba adalah sesuatu hal yang kadang sangat menakutkan. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi ketika kita mencoba sesuatu yang sampai menggentarkan hati. Mungkin saja hasilnya akan baik. Tapi mungkin juga hasilnya akan menjadi sebuah penyesalan. Tetapi, ingat yang kubilang tadi. Manusia itu takut pada hal yang mereka tidak tahu. Tapi aku tidak pernah mendengar bahwa manusia takut pada sebuah penyesalan.

Ketika rasa takut untuk mencoba berhasil untuk mengurungkan segala niat, manusia tidak akan pernah tahu pada hasil yang bisa ia raih. Ketidaktahuan tersebut mungkin akan menghantui nantinya, tapi tidak akan pernah terjawab. Karenanya yang tersisa hanya rasa takut yang dilambangkan dengan pertanyaan “Bagaimana ya, kalau waktu itu aku lakukan ini dan itu?” Berbeda halnya ketika rasa takut untuk mencoba berhasil dilawan. Walaupun selanjutnya akan datang rasa takut terhadap hasil yang memang hanya bisa dilawan oleh waktu. Tapi setelah itu, hasil apa pun yang datang akan lebih baik daripada pertanyaan “Bagaimana ya, kalau waktu itu aku lakukan ini dan itu?” Karena meskipun kita dihadapkan dengan penyesalan, di sana tidak ada lagi ketidaktahuan yang menghantui. Manusia bisa belajar dari penyesalan. Walaupun yang ia temui bukan hasil yang diinginkan, tetap akan ada manfaat yang didapat daripada sekedar rasa ketidaktahuan.

#30DWC #30DWCJilid21 #Day21

Comments